Senin, 25 April 2016

toko online dengan drupal

1.      Pengertian Drupal
Menurut id.wikipediaDrupal disebutkan sebagai CMS(Content Management System), namun bagi Anda yang telah menjadi master Drupal, Anda pasti setuju dengan saya apabila Drupal lebih dari sekadar CMS. Bagi saya, Drupal sebenarnya adalah suatu CMF (Content Management Framework) namun sudah berbasis user-friendly interface (mungkin dapat dikatakan semi CMS) dibandingkan dengan beberapa PHP framework yang saya pelajari.
Drupal adalah sebuah perangkat lunak yang open source yang di distribusikan di bawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.
Drupal dapat digunakan untuk membangun:
1.      Portal Web Komunitas
2.      Situs Diskusi
3.      Website Perusahaan
4.      Aplikasi Internal
5.      Website Personal atau Blog
6.      Aplikasi Komersial E-Commerce
7.      Kumpulan Sumber Informasi
8.      Situs Jaringan Sosial
9.      Website Multi Bahasa
10.  Dan lain-lain
Drupal dapat langsung digunakan setelah anda mendownload dan menginstallnya secara mudah. Dengan berbagai fungsionalitas yang sudah dibangun, dikombinasikan dengan ribuan paket modul drupal dan tema tampilan bebas yang tersedia, akan mengaktifkan berbagai fitur seperti :
1.      Sistem Manajemen Konten (Content Management Systems) (CMS)
2.      Blog
3.      Forum
4.      Jaringan Peer-to peer (Peer-to-peer networking)
5.      Surat Kabar (Newsletters)
6.      Multimedia
7.      Galeri Foto / Gambar (Picture galleries)
8.      Pengunggahan dan Pengunduhan File (File uploads and downloads)
9.      Dan lebih banyak lagi.

Kelebihan Drupal
1. Drupal bersifat open source. yang bisa digunakan secara personal maupun group untuk mengatur berbagai jenis content. Drupal dapat digunakan sebagai web portal, situs diskusi, situs perusahaan, bahkan blog dan aplikasi e-commerce. Drupal memiliki fungsi bulit-in dan modul-modul eksternal yang dapat langsung di-download gratis dari situsnya.
2. Drupal didesain sebagai sebuah publishing system cms. Kelebihan Drupal terutama dalam hal taksonomi. Taksonomi adalah ilmu tentang klasifikasi yang dalam hal ini berarti pengklasifikasian content yang bagus dalam sebuah website. Konsep taxonomy dalam Drupal terkenal sangat flekzibel dan powerfull ditambah dengan konsep node, dimana setiap node dapat berupa pages, stories, blog item, files, atau apapun yg berhubungan dgn konten itu sendiri. Inilah alasan kenapa Drupal sangat cocok dan tepat digunakan untuk situs2 yang mengandalkan konten sebagai nilai jual dan pengelompokan artikel yg komplek, seperti situs portal berita, artikel, knowledgebase, kolaborasi, dsb.
3. Drupal memiliki dua konsep perkembangan yaitu Modular dan Extensible. Drupal menggunakan System Block atau Module yang dapat menambah fitur dari sebuah website. Drupal juga men-support standard programming seperti CSS dan XHTML.
4. Dukungan Database. Drupal meminimalisasikan query database dan penggunaan resource, juga memperluas persyaratan server sehingga mempermudah penginstallan. Drupal dapat beroperasi pada server yang menggunakan Apache Server, platform PHP dan MySQL/PostgreSQL database. Meski demikian Drupal menyediakan path freeware untuk menjalankan Drupal dengan menggunakan MS SQL.
5. Kemudahan Instalasi. Drupal sudah menyediakan instalasi dengan menggunakan Fantastico. Untuk instlasi manual memang agak repot karena kita harus membuat databasenya terlebih dahulu selain itu untuk proses create tabel-tabelnya juga harus dijalankan secara manual. Tapi ini hanya berlaku di Drupal versi 4, sedangkan Drupal 5.0 sudah menggunakan Web Based Installation, sama seperti Joomla atau Mambo.
6. Search Engine Frendly (SEF). Issue kedua yang penting adalah kemampuan website membuat link yang mudah dibaca dan cepat dikenali oleh search engine sehingga website anda dapat menempati urutan atas dari hasil pencarian searh engine. Pada Drupal, user dimungkinkan untuk mengubah nama link SEF sehingga dapat lebih mengenai sasaran. Itulah sebabnya mengapa website berbasis Drupal dapat menempati urutan atas search engine.
7. Access Control List (ACL) Pada Drupal, secara default hanya menyediakan 2 ACL saja, yaitu: Anonymous dan Authenticated. Sedangkan account Administrator otomatis mempunyai hak administrator secara penuh (Super Admin). Namun ACL pada Drupal dapat ditambahkan sebanyak-banyaknya, jadi anda dapat membuat Group Moderator, IT atau Editorial. Dan masing-masing User boleh memiliki lebih dari 1 Group!
8. Cache Memory. Cache memory pada CMS adalah kemampuan CMS untuk menyimpan secara dinamis halaman website yang telah dibuka, dengan demikian tidak perlu melakukan Query ulang pada database tetapi cukup 1 Query saja. Cache pada Drupal mampu meningkatkan kecepatan website menjadi 508%.
9. Fasilitas dan feature Lengkap.
a. BLOG
Drupal menyediakan Blog dalam pengertian Weblog yang sesungguhnya. Pengertian Blog pada Drupal sama dengan yang ada di WordPress maupun Revolution2.
b. Multisite
Multisite adalah kemampuan CMS untuk membuat website induk yang terdiri atas beberapa website anak. Sehingga jika perlu upgrade maka cukup induknya saja yang diupgrade. Ini berguna sekali untuk membangun website komunitas di mana masing-masing anggota mempunyai website-nya sendiri, menarik bukan? Fasilitas Multisite hanya terdapat di Drupal.
c. Personalisasi Data Anggota
Hal ini juga sering ditanyakan, bagaimana caranya menambah field Tanggal Lahir, Alamat, Kota, Nomor KTP dan sejenisnya? Pada Drupal fasilitas ini sudah tersedia, bahkan anda dapat membuat agar isian user berupa text, checkbox, list, multiline, freeform list, URL atau data tanggal. Drupal secara default dapat menampilkan foto anggota yang dikenal dengan istilah avatar.
d. Forum Diskusi Dan Komentar
Baik Forum maupun Komentar tersedia secara langsung di Drupal.
e. Melihat Arsip Berbentuk Kalendar
Melihat arsip berbentuk daftar adalah hal biasa, umumnya peserta menginginkan agar arsip dapat dilihat dalam bentuk kalendar. Drupal menyediakan arsip dalam bentuk kalendar secara default sedangkan Joomla memerlukan komponen tambahan dari pihak ketiga.
f. WYSIWYG Editor
Secara defauld Drupal tidak dilengkapi dengan built-in WYSIWYG Editor, dengan alasan untuk lebih memberi kebebasan kita memilih WYSIWYG Editor yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menginstal module TinyMCE atau yang lebih canggih, misalnya FCKEditor.
g. Tracker
Tracker adalah kemampuan CMS untuk menampilkan apa saja yang pernah ditulis atau dikirim oleh user tertentu. Pada website ini jika anda klik “Tracker” maka akan ditampilkan semua blog, artikel, forum, maupun komentar yang pernah anda tulis.
Drupal memiliki fungsi tracker secara default.
h. Online Shop
Drupal memiliki komponen atau modul tambahan untuk Online Shop dengan kemampuan yang baik.
Ditulis dengan bahasa PHP. Drupal jalan di atas berbagai sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, FreeBSD dan lain-lain yang mendukung server web Apache atau IIS dan membutuhkan program database seperti MySQL dan PostgreSQL untuk menyimpan semua datanya.
Kekurangan Drupal
1.      Bukan CMS yang baik untuk dijadikan bahan pembelajaran membuat template pada CMS. Karena tidak “Designer Friendly”.
2.      Untuk melakukan setup pada server, memerlukan lebih banyak waktu dan pengetahuan dibandingkan dengan wordpress ataupun joomla. Oleh karena itu, uang yang dikeluarkan juga pastinya lebih banyak .
Cara Mendapatkan File Drupal
Untuk anda yang belum mempunyai file drupak Silahkan Klikhttp://www.ziddu.com/download/21172856/drupal-7.17.zip.htmlUntuk Mendowload File Drupal

2.       Cara menginstal Drupal CMS pada XAMP di Windows
Bagi anda yang ingin menginstal Drupal CMS di XAMP pada Windows silahkan ikuti langkah dibawah ini:
·         Langkah 1
Copy drupal lalu buatkan folder pada xampà htdocs à Drupal (folder yang dibuat sendiri). Lalu paste ke folder drupal yang telah kita buat pada folder htdocs yang ada di folder xamp.
·         Langkah 2
Extrak file drupal yang berbentuk file .zip atau .rar yang berada pada folder drupal
·         Langkah 3
Buka browser anda (kali ini saya menggunakan brows mozila firefox), lalu ketik http://localhost/phpmyadmin lalu tekan enter
·         Langkah 4
Klik database untuk membuat data base baru, lalu ketikkan nama database yang akan kita buat (misalkan Tik_drup), lalu pilih Create.
·         Langkah Langkah 5
Buka tab baru di browser
Lalu ketik “http://localhost/drupal” , lalu pilih file drupal-7.17/karena setelah diextrak file drupal berubah menjadi folder dengan nama folder drupal-7.17/.
Pilih Standard kemudian Save and Continue
·         Langkah 6
Klik english lalu save and continue
·         Langkah 7
Pilih MySQL, isikan database name dengan nama database yang kita buat sebelumnya, kemudian database username yaitu root, kosongkan saja pada database pasword, lalu pilih save and continue.
·         Langkah 8
Pada langkah ini proses instalasi akan diproses, tunggu sampai penginstalan selesai
·         Langkah 9
Setelah proses instalasi selesai, silahakan isikan data yang tela disediakan
sambungan gambar di atas (maaf terpotong gambarnya)
·         Langkah 10
Inilah hasil jika proses instalasi selesai
Jika sudah muncul tampilan seperti gambar di atas, berarti drupal cms sudah selesai di instal pada laptop/PC anda. Untuk melihat tampilannya silahkan klik Visit your new site.

TOKO ONLINE DENGAN CMS PRESTASHOP


Prestashop adalah salah satu pilihan cms online shop yang bersifat gratis. Prestashop didirikan di Kota Paris, Perancis dan secara resmi diluncurkan pada 2007. Piranti lunak yang memakai mesin template Smarty ini dimanfaatkan oleh ratusan toko online berskala kecil-menengah di seluruh dunia.
Dengan sudah mendukung gateway pembayaran seperti Paypal, Google Checkout, Bank Wire, COD, dan beberapa pembayaran lainnya melalui API. Dan lebih dari 56 bahasa sudah tersedia dan bisa digunakan secara gratis.
Keunggulan Prestashop dibandingkan CMS e-commerce lainnya sudah tidak diragukan lagi, karena memiliki fitur yang cukup lengkap, siap pakai, mudah digunakan, dan banyak pilihan modul-modul gratis yang bisa Anda dapatkan dengan mudah yang dibuat oleh pengembang independen. Namun, Prestashop sendiri memiliki toko resmi untuk modul-modul tertentu dan theme berbayar dengan jumlah sekitar 2.500 serta sekitar 310 dukungan fitur-fitur yang menarik yang bisa Anda beli di Addons Prestashop.
Beberapa fitur yang sudah dimasukkan ketika Anda pertama kali menginstall Prestashop yaitu :

Ø  Front Office:
·         Transaksi khusus (potongan harga, pemberian voucher)
·         Menampilkan produk pada halaman depan
·         Penjual terbaik pada halaman depan
·         Produk baru pada halaman depan
·         Penawaran ‘pengiriman gratis’
·         Cross-selling / penjualan dengan penawaran produk terkait (aksesoris, pilihan warna, dll.)
·         Perbesaran gambar produk
·         Memesan barang yang persediaannya sudah habis (out-of-stock)
·         Pelanggan yang berlangganan & akun pengguna
·         Metode pembayaran tidak terbatas
·         Pembayaran melalui bank wire
·         Modul Google™ Checkout
·         Cash-On-Delivery (COD)
·         Dikonfigurasi untuk modul Paypal™
·         Form kontak dengan multi-penerima
·         Penandaan produk & tag cloud
·         Pencarian produk
·         Merchandise return (RMAs) & credit slips
·         Pengembalian merchandise (RMA) & slip kredit
·         Pelacakan paket
·         Penawaran bungkus-kado dan pengemasan dengan bahan daur ulang
·         Faktur pelanggan dengan format PDF
·         Pengingat Shopping Cart
·         Sale of services & virtual goods
·         Penjualan jasa dan produk virtual (Software, Web Design, Template, dll.)
·         Favicon kustom
·         RSS feed
·         Newsletter opt-in
·         Pilihan ‘Pick up in-store’
·         Kustomisasi produk (teks dan gambar)
·         Wishlist
·         Program Pelanggan Setia (Loyal customer)
·         Program afiliasi
·         Program ‘keuntungan sponsor teman’
·         Customer product reviews
·         Tinjau kembali produk oleh pelanggan

Ø  Back Office:
·         Kategori dan sub-kategori tidak terbatas
·         WYSIWYG teks editor dengan fitur penuh
·         Kombinasi atribut produk tidak terbatas
·         Spesifikasi produk tidak terbatas
·         Gambar tidak terbatas dengan pengubahan ukuran otomatis dan optimisasi berkas
·         Mata uang tidak terbatas
·         Pengaturan pajak tidak terbatas
·         Pengangkutan dan tujuan pengiriman tidak terbatas
·         Pajak berdasarkan negara bagian, negara, keduanya, zona atau tidak sama sekali
·         Penyimpangan harga (diskon berdasarkan jumlah barang)
·         Nilai tukar mata uang real-time
·         Pengelolaan inventaris
·         Pengingat dengan SMS/pesan teks
·         Tambah/hapus modul
·         Bar code / kode bar
·         Bantuan secara kontekstual
·         Attribute Combo Generator
·         Generator Attribute Combo
·         Notifikasi status pengiriman melalui e-mail (dapat dikustomisasi)
·         Bahasa dan dialek tidak terbatas
·         Impor/Ekspor terjemahan bahasa
·         13 default language translations
·         13 bahasa terjemahan asal
·         Search Engine Optimization (SEO)
·         Friendly URLs / Permalinks
·         Tema grafis dan 100% dapat dimodifikasi
·         Back Office users & permissions (ACL)
·         Mode perawatan (Maintenance)
·         Jumlah pemesanan minimal
·         Newsletter contact export
·         Ekspor kontak newsletter
·         Pencarian dengan alias
·         Bulk lister/impor berkas .CSV
·         Enkripsi SSL (Secure Sockets Layer)
·         Pengunjung yang online
·         Content Management System (CMS), seperti About Us, Tems and Conditions, dsb.
·         Laporan
·         Grup pelanggan

Apakah Anda tertarik menggunakan Prestashop untuk Toko Online Anda? Silahkan mencoba dan silahkan Anda menilai sendiri kemudahan dan keunggulan Prestashop. Untuk cara install Prestashop, tunggu kelanjutan dalam artikel berikutnya.
Prestashop adalah salah satu pilihan cms online shop yang bersifat gratis. Prestashop didirikan di Kota Paris, Perancis dan secara resmi diluncurkan pada 2007. Piranti lunak yang memakai mesin template Smarty ini dimanfaatkan oleh ratusan toko online berskala kecil-menengah diseluruh dunia.
Dengan sudah mendukung gateway pembayaran seperti Paypal, Google Checkout, Bank Wire, COD, dan beberapa pembayaran lainnya melalui API. Dan lebih dari 56 bahasa sudah tersedia dan bisa digunakan secara gratis.
Keunggulan Prestashop dibandingkan CMS e-commerce lainnya sudah tidakdi ragukan lagi, karena memiliki fitur yang cukup lengkap, siap pakai, mudah digunakan, dan banyak pilihan modul-modul gratis yang bisa Anda dapatkan dengan mudah yang dibuat oleh pengembang independen. Namun, Prestashop sendiri memiliki toko resmi untuk modul-modul tertentu dan theme berbayar dengan jumlah sekitar 2.500 serta sekitar 310 dukungan fitur-fitur yang menarik yang bisa Anda beli di AddonsPrestashop.


TOKO ONLINE DENGAN CMS OPENCHART


Banyak sekali website untuk toko online dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai memilih dengan jeli, misalnya apa saja fitur-fitur yang ditawarkan, apakah ada keranjang belanjanya sehingga web bisa melakukan kalkulasi barang sendiri, apakah support SEO (Search Engine Optimization), apakah memiliki kestabilan sehingga selalu dapat di akses dengan baik., dan lainnya.

Setelah mencoba berbagai macam CMS / Sistem untuk website toko online, penulis menjatuhkan pilihannya kepada Opencart. Jika dibandingkan dengan system website / cms toko online yang lain, Opencart memiliki fitur yang sangat lengkap dan penggunaannya sangat mudah. Fitur-fitur Opencart antara lain :

·         Open Source
·         Unlimited Categories
·         Unlimited Products
·         Multi-Language
·         Multi-Currency
·         Product Reviews
·         Product Ratings
·         Discount Coupon System
·         Search Engine Optimization (SEO)
·         Backup & Restore Tools
·         Printable Invoices
·         Sales Reports
·         Dll


Open Source
Merupakan cms yang sifatnya open source sehingga bebas digunakan dan dikembangkan.

Unlimited Categories
Kita dapat menambahkan kategori untuk produk tanpa dibatasi.

Unlimited Products
Kita dapat menambahkan produk sesuai kebutuhan kita tanpa dibatasi oleh sistem.

Multi-Language
Opencart memiliki kemampuan 2 bahasa atau lebih. Misal tersedia pilihan bahasa Indonesia dan Inggris di menu-nya.

Multi-Currency
Ketika opencart disetting 2 bahasa maka, mata uang yang digunakanpun dapat berubah.

Product Reviews
Customer dapat mereview atau mengkomentari product yang di display. Namun tentunya admin website bias mengkontrolnya sehingga komentar yang negatif tidak  langsung meuncul di website. Sebaliknya komentar yang positif akan menjadi semacam testimoni untuk meningkatkan nilai jual produk tersebut.

Product Ratings
Customer juga dapat memberikan rating / nilai pada suatu produk dalam bentuk star (bintang). Jika nilai produknya tinggi tentunya memacu pengunjung website yang lain untuk ikut membeli produk tersebut.


Discount Coupon System
Jika kita ingin memberikan kupon diskon untuk promosi pada customer-customer tertentu dapat dilkukan dengan fitur di website ini. Caranya dengan memberikan semacam serial number yang dapat diinputkan ketika melakukan transaksi, sehingga pemegang serial kupon tersebut akan mendapatkan potongan harga.

Search Engine Optimization (SEO)
Opencart dilengkapi dengan system yang sangat mendukung SEO, sehingga dapat mudah dikenali oleh berbagai situs pencari. SEO ini berperan penting didalam meningkatkan jumlah pengunjung dari hari ke hari.

Backup & Restore Tools
Melalui halaman admin yang ada di website ini, kita dapat melakukan backup & restore  database sendiri dengan mudah.

Printable Invoices
Invoice pembelian dapat juga diprint jika kita memerlukan data-data hardcopy.

Sales Reports
Setiap transaksi yang ada akan direkam/disimpan dalam database yang dapat dipanggil atau dilihat dalam bentuk
Report.

Cukup hanya dengan menggunakan toko online Opencart ini kita sudah memilki toko virtual yang memiliki fitur-fitur kelas professional.  Layout Opencart juga memiliki susunan user interface yang memudahkan pembeli/pengunjung untuk mengenali produk-produk dan cara pembelian di website tersebut.

PERBANDINGAN OPENCART, PRESTASHOP DAN DRUPAL

Bila berbicara tentang ecommerce system atau sistem toko online dalam dunia komunitas open source, saya cenderung fokus pada dua yaitu Prestashop dan OpenCart. Saya pun telah banyak mendengar perdebatan di forum-forum maupun social network tentang kemampuan dan perbandingan dua sistem ecommerce ini. Mungkin disini perkembangan ecommerce pun tidak terlalu significant, terlihat dari cara pembayaran online yang sudah ada untuk ecommerce sangat sedikit sekali yang menggunakan benar-benar metode online seperti paypal dan lain sebagainya, hanya transfer antar bank dan cod ( cash on delivery ) yang cukup banyak dipakai dikalangan pebisnis toko online di negeri ini.

Kembali kepada tentang dua system ecommerce yang cukup banyak dipakai yaitu Opencart dan Prestashop, saya akan mencoba sedikit menjelaskan pengetahuan saya tentang hal ini. Fitur Opencart vs Prestashop :

Management untuk konten : dalam hal ini saya lebih menyukai Opencart daripada Prestashop, terlihat daripada menu-menu didalam backend administratornya untuk mengatur kategori kategori dan konten, Opencart lebih mudah dipahami untuk mengelola isi konten dan mengaturnya termasuk informasi dan halaman halaman lain yang ingin anda buat.
SEO : untuk hal ini saya merujuk pada Prestashop yang lebih bagus daripada Opencart, terlebih sudah adanya fitur meta-title didalam default Prestashop yang mana "Judul" atau meta-title merupakan inti terpenting dalam SEO selain daripada Url, dan struktur lainnya untuk SEO saya kira ada kesamaan.
Mengelola tema : disini letak unggulnya Opencart atas Prestashop, banyak sekali tema di marketplace template yang saya temui untuk Opencart. Hal ini sudah menjadi bukti popularitasnya dikalangan Designer Template.
Kapasitas module / addon : dalam hal ini kedua-duanya cukup banyak untuk kategori module extension.
Nah dari sekian yang saya dapat, mungkin didalamnya terdapat fitur yang mungkin belum saya pahami. Terlepas dari itu semua secara keseluruhan Prestashop sedikit lebih baik daripada Opencart, namun saya terlalu menyukai Opencart daripada Prestashop. Dikarenakan mudah dan simple penggunaannya. Menurut saya, akan lebih cepat dan mudah mendevelopment situs ecommerce dengan menggunakan Opencart. Pastinya akan membuat hemat waktu anda. Anda tinggal fokus kampanye dan mempromosikan situs toko online anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efek Blog